Lava Tour Merapi, Lava Tour Merapi Murah, Lava Tour Jogja, Lava Tour Kaliurang Jogja, Lava Tour Merapi Kaliurang, Lava Tour Merapi Jeep, Lava Tour Merapi Sunrise, Lava Tour Merapi Harga, Alamat Lava Tour Merapi , Harga Tiket Masuk Lava Tour Merapi, Lava Tour Merapi Review, Lava Tour Merapi Motor Trail, Wisata Merapi Kaliurang,

Rabu, 16 Agustus 2017

Bunker Merapi Kaliadem merupakan salah spot wisata unggulan dalam Rute Lava Tour Merapi. Lokasi Bunker Merapi berada di Dusun Kaliadem, berjarak 1-2 km di sebelah Barat Desa Kinahrejo. Keberadaan Wisata Bunker Merapi / ruang bawah tanah yang dibangun di lereng Gunung Merapi sebenarnya digunakan sebagai tempat perlindungan darurat atau tempat untuk berlindung dari kemunculan awan panas ( wedhus gembel ) Gunung Merapi, sehingga banyak pertanyaan yang telintas kenapa hal ini bisa terjadi karena tempat yang seharusnya bisa buat berlindung malah sebaliknya yang terjadi. Suhu yang sangat panas membuat fisik mereka tidak mampu bertahan dan akhirnya meninggal dan jasad yang ditemukan seperti terpanggang hawa panas, proses evakuasi beberapa saat setelah erupsi Kondisi Bunker Merapi di Kaliadem nyaris rata dengan tanah.
Bentuk bangunan yang menjorok kedalam tanah dengan beberapa anak tangga turun serta suasana yang gelap dan hanya terlihat batu besar di tengah ruangan sekitar 6 x 6 meter berbentuk setengah lingkaran. Dari cerita yang ada oleh masyarakat setempat terdengar suara orang menangis terjadi di sore hari tetapi pelajaran yang dapat kita ambil bahwa semua kejadian sudah digariskan sama yang Maha Kuasa, manusia hanya bisa berencana sementara yang terjadi adalah kehendakNya.
Sebelum menjadi tempat wisata seperti sekarang, Bunker Kaliadem tertimbun oleh material merapi setebal 4 meter pada saat erupsi Gunung Merapi tahun 2010 kemudian baru pada tahun 2013 berhasil digali menggunakan alat berat.
Saat ini bunker kaliadem difungsikan sebagai objek wisata sekaligus sebagai sarana edukasi untuk mengenalkan tempat perlindungan serta kontruksi bangunan tahan terhadap gempa. Namun, mengingat aktivitas Gunung Merapi yang masih aktif, ada baiknya jika Bunker Kaliadem difungsikan kembali sebagai bunker untuk berlindung dari wedus gembel. 

Agustus 16, 2017   Posted by Jeep Lava Tour Merapi, Lava Tour Merapi Murah, Lava Tour Merapi Kaliurang, Lava Tour Merapi Jeep, Lava Tour Sunrise, Lava Tour Di Merapi in , , , with No comments

0 komentar:

Posting Komentar

Search